Jumat, 24 April 2009

Mempersiapkan UN 2009 Bidang Studi Sosiologi SMA/MA

Oleh Rakhmat Hidayat, M.Si*

Mata pelajaran untuk ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2007/2008 menjadi 6 mata pelajaran. Tidak hanya itu, pemerintah juga telah menyiapkan UN untuk sekolah dasar. Pro dan kontra pun bermunculan dimasyarakat. Untuk penambahan mata pelajaran dalam UN terutama sosiologi menimbulkan penafsiran yang beragam. Seorang teman yang juga guru berucap bahwa memang selayaknya sosiologi dimasukkan dalam UN karena perkembangan zaman tidak terepas dari perhatian ilmu sosiologi. Namun banyak juga teman dari guru-guru yang justru merasa cemas dan terbebani dengan dimasukkannya sosiologi dalam UN.

Kecemasan ini cukup beralasan mengingat ini kali pertamanya sosiologi di UNkan sehingga muncul kecemasan akan banyak siswa yang tidak lulus. Terlebih ketidakadaan basic pendidikan sosiologi produk daerah ini. Semakin menambah kekhawatiran tersebut. Banyak pengajar sosiologi yang berasal dari lulusan non sosiologi. Jika masih dalam rumpun ilmu sosial (Sejarah atau Geografi) mungkin tidak masalah. Tetapi, jika jurusannya sudah sangat jauh menyimpang seperti Tata Boga, Olah Raga (FPOK) atau sarjana kehutanan hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas pendalaman materi yang diterima siswa. Itulah fakta dilapangan, sehingga menarik untuk disimak bagaimana kesiapan guru dan siswa serta sekolah dan orang tua menghadapi UN untuk sosiologi.

Belajar sosiologi adalah belajar untuk mengembangkan kemampuan pemahaman fenomena kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu materi pelajarannya mencakup konsep-konsep dasar, pendekatan, metode, dan teknik analisis dalam pengkajian berbagai fenomena dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat.

Berkaitan dengan Ujian Nasional (UN) maka materi selalu menyesuaikan dengan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mata pelajaran sosiologi. Adapun materi itu meliputi: (1) Interaksi sosial (2) Nilai dan norma sosial (3) Ketertiban dan konflik sosial (4) Sosialisasi (5) Perilaku menyimpang (6) Pengendalian sosial (7) Pranata sosial [8] Stratifikasi sosial (9) Deferensiasi sosial (10) Mobilitas sosial (11) Masyarakat Multikultural (12) Perubahan sosial, (13) Modernisasi (14) Penelitian sosial.

Berdasarkan penjelasan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Sosiologi ditinjau dari sifatnya digolongkan sebagai ilmu pengetahuan murni (pure science) bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi dimaksudkan untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai pada terciptanya integrasi sosial. Sosiologi mempunyai dua pengertian dasar yaitu sebagai ilmu dan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi merupakan kumpulan pengetahuan tentang masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis berdasarkan analisis berpikir logis. Sebagai metode, sosiologi adalah cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Mempersiapkan UN Sosiologi SMA

UN akan dilaksanakan dalam waktu sekitar satu bulan mendatang. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan oleh berbagai pihak, terutama pihak guru dalam memperdalam materi-materi yang terkait dengan soal UN. Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan langkah awal yang baik. Beberapa langkah lain yang dapat dilakukan, antara lain :

1. Membahas secara intensif kisi-kisi yang sudah tersedia, yaitu Permen 77/2008.

2. Melalui MGMP Mata Pelajaran Sosiologi dapat menyusun Bank Soal Sosiologi dalam kurun waktu tertentu (misal 10 tahun terakhir atau 5 tahun terakhir).

3. Membahas soal-soal UN beberapa tahun terakhir sebagai bentuk pengkayaan soal bagi siswa (bisa dilakukan antara lain melalui try out baik oleh sekolah maupun kolektif melalui MGMP).

4. Mengevaluasi hasil-hasil UN Mata Pelajaran Sosiologi di Kota Tegal selama dua/tiga tahun terakhir. Dari hasil tersebut kita dapat memberikan analisa tren/kecenderungan baik soal yang keluar maupun hasil yang diperoleh.

Soal UN untuk seluruh mata pelajaran disesuaikan dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sudah diberikan oleh BSNP. SK dan KD merupakan acuan dasar untuk pengembangan silabus dan RPP, termasuk juga penyusunan soal UN. Untuk lebih memahami bagaimana pemetaan soal UN Mata Pelajaran Sosiologi berikut disajikan SK dan KD.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran Sosiologi SMA/MA

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan

1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian

2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial

2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial

1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan

1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

2. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Memahami dampak perubahan sosial

1.1 Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat

1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat

2. Memahami lembaga sosial

2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial

2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial

2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial

Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

3. Mempraktikkan metode penelitian sosial

3.1 Merancang metode penelitian sosial secara sederhana

3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana

3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

NO

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Mendeskripsikan interaksi social sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Mendeskripsikan interaksi sosial yang

teratur berdasarkan nilai dan norma yang

berlaku dalam masyarakat.

2.

Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian

Mengidentifikasi bentuk sosialisasi melalui berbagai media dalam pembentukan kepribadian.

3.

Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan pengendalian sosial dalam masyarakat

· Mengidentifikasi sebab terjadinya berbagai jenis perilaku menyimpang dalam masyarakat.

· Mengidentifikasi fungsi berbagai jenis pengendalian sosial yang dilakukan oleh lembaga pengendalian sosial.

4.

Menjelaskan bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial.

· Menginterpretasi gambar struktur sosial vertikal dan horizontal dalam masyarakat.

· Menjelaskan proses terjadinya berbagai bentuk konflik dan cara mengatasinya.

· Mendeskripsikan struktur sosial masyarakat majemuk dan pengaruhnya terhadap integrasi sosial.

· Mendeskripsikan proses mobilitas sosial melalui berbagai saluran yang ada dalam masyarakat

6.

Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.

Menjelaskan gejala perubahan sosial yang

terjadi serta dampaknya bagi masyarakat

7.

Menjelaskan peran dan fungsi lembaga sosial.

Mendeskripsikan fungsi lembaga sosial utama

dalam masyarakat.

8.

Menyusun rancangan dan melakukan penelitian kerangka rancangan penelitian sosial

Mendeskripsikan kerangka rancangan penelitian sosial.

Mendeskripsikan proses pelaksanaan penelitian sosial serta kegunaan laporan hasilnya.



* Dosen Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Disampaikan dalam Workshop Bedah SKL Ujian Nasional MGMP Sosiologi Kota Tegal, 11 Maret 2009

1 komentar:

  1. MAKASIH banyak ya buk...
    ini sangat membantu karna saya ada tugas dari kampus untuk menelaah si dan skl mata pelajaran sosiologi...
    sekali lagi terima kasih

    BalasHapus