Selasa, 26 Januari 2010

PREDIKSI UJIAN NASIONAL TAHUN 2010

No. Soal Indikator

1 Disajikan contoh proses interaksi dan gejala interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasi sifatnya (asosiatif/disosiatif)
2 Disajikan empat hubungansosial, siswa dapat mengidentifikasi dua diantaranya sebagai komunikasi dan kontak primer/sekunder
3 Disajikan contoh neraksi sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhinya
4 Disajikan contoh nilai dan norma dalam perilaku sosial, siswa dapat mengidentifikasi jenis nilai dan norma yang berlaku
5 Disajikantabel perbandingan ciri nilai dan norma, siswa dapat membedakan fungsi nilai dan norma bagi kehidupan masyarakat
6 Disajikan contoh perilaku keteraturan sosial siswa dapat mengidentifikasi unsu pembentuk keteraturan sosial tersebut (pola prilaku, keajegan, order, tertib sosial)
7 Disajikan definisi sosialisasi, siswa dapat mengidentifikasi tujuan dan fungsinya bagi kehidupan masyarakat
8 Disajikan empat contoh kegiatansosialisasi, siswa dapat mengidentifikasi dua diantaranya tergolong (sosialisasiprimer, sekunder, partisipatif, represif)
9 Disajikan contoh kepribadian individu dengan ciri tertentu, siswa dapat mengidentifikasi media sosialisasi yang berperan membentuk kepribadian individu
10 Disajikan contoh sosialisasi dalam komunitas tertentu, siswa dapat menjelaskan hubungan antara sosiaiisasi, pembentukan kepribadian dengan kebudayaan

11 Disajikan contoh proses terjadinya perilaku menyimpang, siswa dapat menjelaskan sebab terjadinya menurut tinjauan sosiologi

12 Disajikan contoh perilaku menyimpng, siswa dapat mengidentifikasi jenisnya berdasarkan kriteria tertentu
13 Disajikan contoh pengendalian sosial, siswa dapat menjelaskan fungsi pengendalian sosial.
14 Disajikan empat contoh pengendalian sosial, siswa dapat mengidentifikasi dua diantaranya yang termasuk pengendalian sosial (preventif, represif, persuasip, koersif)
15 Disajikan contoh kegiatan aparat lembaga pengendalian sosial, siswa dapat menjelaskan peran aparat lembaga pengendalian sosial bagi keteraturan masyarakat
16 Disajikan gambar stratifikasi (agraris, kolonial, industri) dan disertai keterangan, siswa daat mengidentifikasi dasar parameter atau bentuk sifat pelapisannya

17 Disajikan contoh pengelompokan sosial atas dasar agama, suku, ras, siswa dapat menjelaskan alasan dari sifat strukturnya
18 Disajikan contoh konflik sosial, siswa dapat menjelaskan sebab atau bentuknya berdasarkan kriteria tertentu
19 Disajikan contoh proses penyelesaian konflik, siwa dapat mengidentifikasi bentuk akomodasi tersebut
20 Disajikan gambar struktur majemuk dengan dua parameter, siswa dapat menjelaskan bentuknya (interseksi,konsolidasi)

21 Disajikan contoh mobilitas sosial yang dialami individu tertentu, siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab atau bentuknya

23 Disajikan contoh kelompok sosial, siswa dapat menjelaskan faktor(ikatan sosial) yang mendasarkan solidaritas atau hubungan sosialnya

24 Disajikan 4 hubungan sosial, siswa dapat mengidentifikasi dua diantaranya yang terdapat dalam kelompok kerumunan, komunitas, masyarakat paguyuban, patembayan
25 Disajikan contoh kehidupan multikultural di Indonesia, siswa dapat menjelaskan ciri kemajemukan masyarakat Indonesia

26 Disjikan contoh keanekaragaman kelompok agama atau suku, siswa dapat menjelaskan sebab terjadinya kemajemukan tersebut dengan tinjauan sosiologis
27 Disajikan 4 contoh perilakuatau kelompok, siswa dapat mengidentifikasi dua yang sesuai atau tidak sesuai dengan kehidupan masyarakat multikultural
28 Disajikan contoh definisi perubahan sosial, siswa dapat menjelaskan arti atau ruang lingkupnya
29 Disajikan contoh kasus perubahan sosial tertentu disertai keterangan, siswa dapat mengidentifikasi bentuknya
30 Disajikan 4 contoh faktor penyebab perubahan sosial, siswa dapat mengidentifikasi dua yang termasuk faktor internal/eksternal
31 Disajikan uraian tentang perubahan (globalisasi/demokratisasi) siswa dapat memberikan contoh dampak positif globalisasi, modernisasi tersebut terhadap perkembangan masyarakat
32 Disajikan contoh gejala westernisasi, sekuleriisasi atau hedonisasi, siswa dapat menjelaskan dampak negatifnya terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia
33 Disajikan definisi lembaga sosial, siswa dapat menjelaskan esensi atau fungsi atau tujuan dari lembaga sosial bagi kehidupan masyarakat

34 Disajikan contoh kegiatan lembaga keluarga, siswa dapat mengidentifikasi fungsinya bagi kehidupan masyarakat

35 Disajikan contoh kegiatan lembaga pendidikan/agama, siswa dapat menjelaskan fungsi/tujuan dari lembaga pendidikan/agama bagi kelangsungan hidup masyarakat
36 Disajikan 4 kegiatan masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi dua yang termasuk fungsi lembaga ekonomi, politik dan hukum bagi kelangsungan hidup masyarakat
37 Disajikan contoh (topik/data sampling), siswa dapat mengidentifikasi syarat topik, jenis data/teknik sampling yang sesuai dalam rancangan penelitian

38 Disajikan contoh kegiatan pengumpulan data, siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelebihandari tehnik pengumpulan data tersebut
39 Disajikan tabel data dengan disertai angka tendensi sentralnya, siswa dapat memberikan penafsiran atau penjelasan dari kecenderungan data tersebut

40 Siswa dapat menjelaskan bagian dari sistematika laporan hasil penelitian atau fungsinya bagi kepentingan tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar